11.2.10

10 film paling romantis versiku

beberapa teman dan saudaraku tahu kalau aku tidak suka merayakan valentine. bahkan bukan hanya valentine, natal saja aku malas ke gereja. alasannya sederhana: valentine, natal, juga termasuk ulang tahun, bukanlah hari-hari yang harus kuperingati atau kurayakan. namun aku tetap mengucapkan selamat natal bila natal tiba. begitu juga selamat ulang tahun kepada teman dekat atau saudara -- kalau pas ingat. nah, kalau "selamat hari valentine" jarang sekali kuucapkan.

maka, kubuatlah daftar ini, menjadi perwakilan ucapan selamatku. sebelum menyimak, ingin kuceritakan dulu kalau aku digelari "sinemaholik" oleh arie saptaji, guruku, pada tahun 2004. sejak tahun 2003 aku suka sekali nonton film. dalam kurun waktu 2003-2006, bila dirata-rata, dalam seminggu aku bisa nonton 2-3 buah film.

mulai tahun 2007 kegiatan nonton ini agak berkurang karena aku mulai bekerja tetap sebagai seorang guru. tapi aku masih menyempatkan diri nonton, paling tidak 2-3 film -- kali ini bukan seminggu, tapi -- sebulan.

nah, film-film yang pernah kutonton tadi masih membekas dalam ingatan. kini aku menyusun 10 buah film yang menurutku paling romantis. kriterianya apa? tidak ada kriteria khusus, aku mengandalkan ingatanku akan adegan-adegan yang kuanggap romantis, atau alur yang bagiku terkisah dengan manis. pada masing-masing film, aku akan memberi sedikit keterangan mengapa film ini kuanggap romantis.

semoga daftar ini bermanfaat, terutama bagi pembaca yang hendak mencari tontonan bersama orang yang dikasihi atau samwan spesial.

***

peringkat 10: scent of a woman

al pacino berakting mantap di film ini. judul film ini mungkin seolah-olah mengisyaratkan ada seorang wanita yang bau tubuhnya membangkitkan suatu nuansa atau romantika. tidak, film ini lebih banyak berkisah tentang terciptanya persahabatan dua pria beda generasi, dan satu di antara mereka bisa mengenal parfum yang dikenakan tiap orang.

dalam rangkaian kejadian yang mempererat persahabatan itulah kita diajak menyadari bahwa kehidupan ini akan bermakna bila memiliki cinta buat seseorang. dan adegan yang tak terlupakan adalah: tango di sebuah restoran yang sepi pada suatu pagi.

peringkat 9: nicholas nickleby

inti dari film ini adalah pesan ayah nicholas nickleby pada waktu ia masih kecil: "suatu waktu, kau akan mendapatkan seseorang yang lebih baik dariku dalam mengasihimu. dan perjalanan yang paling penting dalam hidupmu adalah menemukannya."

peringkat 8: life is beautiful

roberto benigni, perannya di film ini begitu spontan dan lucu. luar biasa. kondisi politik (era nazi jerman) yang menjadi latar sejarah film ini mampu menghadirkan pemahaman mendalam akan perih dan muramnya kehidupan yang harus dijalani tiap orang pada masa itu. dan itu justru ditanggapi dengan guyonan, dengan sangat santai.

aku tidak pernah lupa adegan ketika ayah dan anak dalam film ini dibawa ke kamp konsentrasi. si anak yang ketakutan mendapati ayahnya menjadi penerjemah tentara jerman yang menyampaikan pengumuman. ayahnya, demi menghilangkan rasa takut si anak, pura-pura tahu bahasa jerman, lalu menerjemahkan pengumuman itu dengan sangat lucu. aku tertawa terpingkal-pingkal dibuatnya. dan sesaat aku lupa: aku sedang menyaksikan sebuah film yang berkisah tentang kekejaman perang.

ya, hidup ini indah.

peringkat 7: cinderella man

petinju yang menyayangi keluarganya, yang meyakinkan keluarganya bahwa ia mampu menghadapi badai krisis depresi besar di amerika, dialah cinderella man itu. film yang menggugah semangat hidup dan mengasihi.

aku tidak akan lupa adegan ketika sang petinju berkata kepada anak bungsunya di meja makan bahwa semalam ia bermimpi mendapatkan makanan yang lezat; sebabnya si anak masih lapar, dan di meja tinggal sisa makanan untuk ayahnya. anak bungsu itu pun senang mendapat kabar kalau sang ayah sudah kenyang gara-gara mimpi itu.

peringkat 6: moulin rouge

lagu-lagu yang ada di film ini sungguh indah. asmara dirayakan dengan manis juga penuh gairah. adegan-adegannya memang dirancang untuk merayakan berbagai nuansa romantika dalam kehidupan ini.

peringkat 5: baran

film yang tak berupaya memberi penjelasan alur lewat dialog, namun menjelaskan banyak hal kepada penontonnya arti pengorbanan dan cinta. yap, cinta dalam film ini tak hadir lewat puisi, bunga, atau coklat.

pesan penting yang kutangkap: memang, cinta tak hanya diam, namun cinta dapat dinyatakan lewat tindakan yang nyata -- situasi dan kondisi khusus yang membuatnya jadi tampil demikian. sekalipun bibir ini tak bergerak, tak bersuara, tindakan kita pada akhirnya akan berbicara.

peringkat 4: up

kukutipkan renunganku saja: "film kartun ini mengetuk naluri kita untuk senantiasa mengasihi. kenangan akan orang yang dikasihi, dipadu dengan memori akan kebersamaan dengannya yang membuat kita tahu apa isi hati terdalamnya, ternyata membuat hidup ini amat bermakna. ya, kebersamaan kita dengan seseorang, yang menyatukan mimpi-mimpi kita dengannya, akan menjadi hal yang paling membentuk kehidupan kita."

peringkat 3: it's a wonderful life

bila kau pernah kecewa, menganggap hidup ini tidak adil, tontonlah film ini. aku menyukai istri george bailey dalam film ini. dia bisa menjadi perwujudan anugerah tuhan. ketika george tak jadi melanglang buana, istrinyalah yang setia mendampingi hidupnya. dan ketika hidupnya hancur-lebur, istrinya pula yang mengambil inisiatif menyelamatkannya.

peringkat 2: eternal sunshine of the spotless mind

film ini lebih tepat ditujukan untuk siapa saja yang pernah kecewa karena cinta, dan masih sulit menghapus kenangan manis-getir itu di masa kini.

untuk yang satu ini, aku mengutip arie saptaji saja: "kenangan kita akan orang lain rupanya baru separuh cerita. percuma kalau kita menghapuskannya secara sepihak karena masih ada kenangan orang lain akan kita. percuma -- karena orang itu bisa menyembunyikan anda ke sudut-sudut kenangannya, ke tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi."

peringkat 1: city lights

chaplin di nomor satu. tak kuragukan meletakkannya di sini. sebuah film bisu dengan teknologi sederhana, dirilis tahun 1931, kupilih bukan karena supaya kelihatan "wah", namun lebih pada alasan bahwa film ini, dalam kebisuannya, justru serasa berbicara kuat sekali tentang arti cinta yang sebenarnya.

renungannya adalah: pernahkah kita memiliki -- atau menyaksikan -- sebuah hati yang penuh tekad untuk berjuang atas nama cinta? perjuangan itu dilakukan dengan tujuan utama agar orang tersebut menerima sesuatu yang terbaik bagi hidupnya, bukan semata-mata menjadi wujud keinginan kita untuk memiliki orangnya.

nah perjuangan cinta seperti itulah -- yang disertai pengorbanan dan ketulusan -- yang akan menyingkirkan kebutaan hati-nurani kita.

***

mungkin ada yang bertanya: kalau aku memilih film apa untuk kutonton akhir minggu ini? sejujurnya, tidak satu pun dari yang kusebut di atas akan kutonton lagi. kalau ada waktu luang akhir minggu ini, aku lebih penasaran nonton lagi sebuah film lain. judulnya?

drag me to hell!

***

sidoarjo, 9-10 februari 2010

2 comments:

dialleq said...

salam kenal..
saya juga penggemar film.

Okta Wulan said...

saya setuju dngn moulin rouge itu mmng film yang sangat bangus.. mskipun tmn2 saya bilang film itu romantisnya biasa ajah tapi saya ttp menilai bahwa film itu mmiliki sense trsendiri untuk mnghadirkan romantisme! hehehe.. good list ^_^